TP ke-50: Tempat Pelayanan Tapang Pulau

Peresmian TP Tapang Pulau

Kamis, 1 Oktober 2020 menjadi bagian dari momen tak terlupakan tentang CU Pancur Kasih. Pada tanggal tersebut CUPK memiliki 50 Tempat Pelayanan (TP), dengan ditetapkannya Tempat Pelayanan Kas (TPK) Tapang Pulau menjadi Tempat Pelayanan penuh, yaitu TP Tapang Pulau. TP tersebut terletak di Jalan Pendidikan Dusun Tapang Pulau, Desa Tapang Pulau, Kec. Belitang Hilir, Kab. Sekadau.

Bukan tanpa alasan, TPK ini ditingkatkan statusnya menjadi TP. Sejak 2018, CUPK menetapkan daerah Tapang Pulau menjadi wilayah pengembangan TP Sekadau, dengan menetapkannya sebagai TPK Tapang Pulau. Hingga 31 Agustus 2020 asetnya sembilan miliar lebih dengan jumlah anggota hampir seribu orang.

Acara penetapan status TP dihadiri oleh perwakilan Pengurus, Pengawas dan Manajemen dari Kantor Pusat. Hadir juga kepala desa setempat dan petugas keamanan. Hal istimewa dalam sejarah TP Tapang Pulau, yaitu peresmian pembentukan TPK dan penetapannya menjadi TP dihadiri dan diresmikan sosok yang sama, yaitu Benyamin,S.Sos, Camat Belitang Hilir. Selain itu, meski di masa pandemi ada 124 orang masyarakat setempat ikut hadir dalam acara itu. Dari sejumlah masyarakat yang hadir, 71 orang diantaranya, belum anggota. Tampak semua yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker seperti anjuran pemerintah.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan di kantor TP Tapang Pulau. Kegiatan diawali Misa Syukur dipimpin oleh Pastor Yakobus,CP, yang merupakan Pastor Paroki sui Ayak. Dalam homilinya, Beliau menyampaikan, “Syukur merupakan ungkapan terima kasih, syukur atas kemajuan, keberhasilan yang diraih oleh Pengurus dan Karyawan TPK Tapang Pulau.”Pengalaman Syukur dapat berdampak bagi banyak Orang,” ungkap Pastor Yakobus.

Usai Misa Syukur, dilanjutkan acara seremonial berupa sambutan-sambutan dan sosialisasi produk dan layanan. Koordinator TPK, dalam sambutannya mengatakan,”Kerja keras petugas bersama volunteer Tapang Pulau tidak sia-sia dalam mengedukasi masyarakat untuk ber-CU,” ujar Dario dengan penuh semangat. Pada sambutannya, Bujai, selaku ketua panitia mengungkapkan,”Agar pelayanan lebih maksimal, kami usulkan untuk memikirkan pembangunan kantor TP yang lebih representatif.”
Sucipto,S.Th dalam sambutannya mengungkapkan,” Tujuan CUPK hadir di Tapang Pulau karena ingin menyalurkan kasih, sesuai dengan namanya CU Pancur Kasih. Harapan dari Pengurus agar CU menjadi gaya hidup orang Tapang Pulau.” Sekretaris Pengurus CUPK ini menambahkan tips perencanaan yang baik yaitu: rencanakan menabung, rencanakan untuk pinjaman dan setia menyimpan dan membayar angsuran.

Kepala Desa Tapang Pulau menuturkan, “Sebagai desa Mandiri kami sanggat bangga lembaga keuangan mau hadir membuka tempat pelayanan di desa kami dan bersama-sama membantu mensejahterakan masyarakat.”
Sambutan terakhir oleh Camat Belitang Hilir sekaligus meresmikan penetapan TP Tapang Pulau. Beliau menyampaikan bahwa pemerintah daerah baik melalui pejabat di kabupaten, kecamatan maupun tingkat desa sangat mendukung hadirnya Lembaga keuangan seperti CU di Wilayah Sekadau, khususnya Kecamatan Belitang Hilir.

Deputi TIK diberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk dan layanan CUPK kepada peserta. Beliau menjelaskan bahwa melalui CUPK Mobile, berbagai pembayaran dapat dilakukan, seperti bayar simpanan kepemilikan dan simpanan harian, membayar angsuran, berbagai transfer, pembayaran tagihan listrik, BPJS, PDAM, Isi Pulsa, voucher listrik dan lain sebagainya. “CUPK Mobile merupakan layanan yang disediakan untuk memudahkan anggota bertransaksi kapanpun dan dimanapun,” ujar Budi Assa.

Penulis: Lusila Arnila
Foto: Dok. CUPK

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *