Tetap Berkarya Walau Memiliki Keterbatasan Fisik

anggota bonti

Sosok pria yang usianya sudah tidak muda lagi namun tekadnya masih membara. Semangatnya untuk tetap menafkahi keluarga terpancar dari keseharian dalam bekerja sebagai penambang pasir di Sungai Koca, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Sekilas terlihat seperti seorang yang normal bisa bekerja menambang pasir di dalam air, bisa menyelam dan bisa berenang. Namun siapa sangka beliau adalah seorang difabel yang tidak dapat melihat. Pria ini bernama Jiban, berusia 63 tahun.

Sejak lahir beliau memiliki fisik yang normal. Seiring bertambah usianya beliau menderita penyakit katarak. Penyakit katarak yang dideritanya semakin parah. Untuk memulihkan kesehatan matanya beliau melakukan pengobatan dengan tindakan operasi, tepatnya 22 tahun silam. Tetapi hasil dari operasi tersebut tidak memuaskan sehingga menyebabkan beliau tidak dapat melihat total hingga saat ini.

Keterbatasan fisik yang dimiliki oleh Jiban tidak menjadi penghalang baginya untuk tetap bersemangat dan beraktivitas seperti sedia kala. Terbukti beliau dapat bekerja seperti layaknya orang normal. Berkat kerja kerasnya mampu membeli sepeda motor untuk keluarganya.

Pada saat ditemui tim dari Jatiku News, Jiban sedang melakukan aktivitas menyetor simpanan dan pinjaman di kantor KSP CU Pancur Kasih TP Bonti. Sambil menunggu antrean transaksi beliau menceritakan keseharian dan kisah perjuangannya.

“Saya dapat mempersiapkan masa depan yang lebih baik untuk anak dan cucu, berkat menjadi anggota CUPK,” tutur Jiban yang sudah bergabung menjadi anggota KSP CU Pancur Kasih sejak 18 Agustus 2006.

Jiban berpesan untuk anggota KSP CU Pancur Kasih dimanapun berada bahwa kalau waktu meminjam kita berjanji akan mengembalikan sejumlah yang dijanjikan, bayarlah sesuai yang dijanjikan dan bahkan kalau bisa bayarlah lebih dan tepat waktu. Jangan jadikan keterbatasan sebagai alasan untuk menunggak atau tidak melunasi pinjaman, jangan lupa untuk menyimpan buat masa depan, biar sedikit.

Penulis: Natalia Demtha
Foto inset: Jiban bersama dengan Manager TP Bonti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *