Team Building

Team building adalah kegiatan yang digunakan untuk meningkatan efektivitas tim. Di dalam suatu lembaga diperlukan sekali adanya kerjasama tim (team building), yakni proses yang perlu dilakukan oleh anggota tim untuk saling membantu agar tujuan dari lembaga dapat terwujud.

Hal paling penting dalam team building adalah harus terbentuknya interaksi dan komunikasi anggota tim agar tidak terdapat miscommunication yang dapat menghambat terwujudnya tujuan tim tersebut.

Dengan adanya kejasama dalam tim, setiap anggota mengerti posisi dan tugasnya sehingga lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan masing-masing. Setiap tanggung jawab tersebut harus saling bersinergi agar terwujudnya tujuan lembaga. Kerjasama yang baik sangat diperlukan agar tercapainya tujuan yang sudah dirancang sejak awal.

Melalui kegiatan ini, orang orang diajak untuk mendefinisikan peran masing-masing di dalam tim dan memberikan kontribusinya secara optimal demi tujuan lembaga.

CUPK sebagai sebuah lembaga yang mementingkan kerja sama tim menyelenggarakan kegiatan team building pada tanggal 23 sampai dengan 25 Maret 2022 di Pusat Spiritualitas Pasionis Bukit Laet, Kubu Raya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan bekejasama dengan Lintas Cakrawala Indonesia, yang diawali dengan penyusunan milestone CUPK 2022. Kegiatan dihadiri 78 peserta yang terdiri dari Pengurus, Pengawas, Top Manajemen, Manajer TP dan perwakilan Kepala Bagian.

“Milestone yang akan kita susun sebagai tonggak pencapaian program kerja harus dicapai secara efektif dan efisien serta bersama-sama.’’ Ujar Yohanes Budiman, Ketua I CUPK. Beliau menambahkan bahwa mengurus CU ini diibaratkan seperti konvoi, harus selalu beriringan, tidak maju atau bergerak sendiri-sendiri.

Dalam sesi debrief, peserta yang hadir menemukan kata sepakat bahwa tim akan efektif jika di dalamnya melakukan komunikasi secara intensif, saling melengkapi, optimis, fokus pada peran masing-masing.

“Saya merasa kegiatan ini sangat berarti. Kita semakin paham dan menyadari tentang target, tugas dan tanggung jawab, serta semangat kebersamaan”, ujar Akui Ward, satu diantara Manajer TP yang menjadi peserta team building. Hal yang sama ditegaskan oleh Megat. Dia melihat, kegiatan team building semakin menegaskan bahwa kita tidak bisa mencapai target seorang diri.

“Tim bekerja harus solid. Tidak boleh terkotak-kotak. Semua harus terlibat, totalitas memberikan dirinya untuk kemajuan lembaga”, demikian Martono memberikan penegasan: Beliau yakin bahwa, tim CUPK bisa menuntaskan milestone 2022 dengan memuaskan.

Penulis: Lusila Arnila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.