Secercah Cahaya Penerang Masa Depan

jatiku

Sekilas perjalanan Produk Pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik
KSP Credit Union Pancur Kasih TP 43 Meranti

Raut wajah Tees nampak serius. Dengan penuh perhatian dia mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Manajer CU Pancur Kasih TP Meranti, Donatus, S.M. Harapannya untuk dapat memasang instalasi listrik di rumahnya, yang sempat redup karena ketiadaan biaya, mulai menemukan titik terang. Penghasilannya sehari-hari sebagai penyadap karet hanya cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Skema pinjaman pemasangan instalasi listrik yang ditawarkan oleh CU Pancur Kasih adalah jawaban yang ia cari selama ini.

Pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik adalah skema pinjaman bagi anggota CU Pancur Kasih, yang digagas oleh TP Meranti. Gagasan ini muncul untuk menjawab kebutuhan anggota dan calon anggota potensial yang mengalami kesulitan pembiayaan pemasangan instalasi listrik.

Gagasan ini pertama kali diluncurkan di Dusun Peluntan Desa Meranti Kecamatan Meranti pada bulan Juni 2020. Saat itu anggota yang memanfaatkan skema pinjaman ini sebanyak 10 orang. Melihat bahwa skema ini mendapat respon yang menjanjikan, ujicoba diperluas ke Dusun Bengawan Ampar dan Bengawan Pansi Desa Bengawan Ampar Kecamatan Kuala Behe. Di dua dusun ini sebanyak tujuh orang anggota mendaftarkan diri sebagai peminjam.

Dalam peluncuran produk Pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik di Dusun Peluntan Desa Meranti, Tim CU Pancur Kasih TP Meranti mendapatkan dukungan dari Camat Meranti waktu itu, Ericanes Panjuga, SH. Dukungan ini diberikan mengingat bahwa tidak semua calon pelanggan listrik PLN dapat dengan cepat menyiapkan dana pemasangan instalasi secara mandiri. Dengan kerjasama yang terjalin peluncuran produk pinjaman tersebut menjadi lebih dikenal dan diterima oleh anggota dan calon anggota potensial.

Dari uji coba pemasaran produk pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik di Dusun Peluntan, Bengawan Ampar dan Bengawan Pansi berhasil menjaring peminjam sebanyak 17 orang anggota, yang terbagi di Dusun Peluntan 10 orang, Bengawan Ampar lima orang dan Bengawan Pansi dua orang. Total pinjaman yang dicairkan sebesar Rp 37.500.00,- dengan jangka waktu pengembalian pinjaman berkisar 12 bulan sampai 36 bulan.
Pengadaan material instalasi listrik dan pemasangannya dilakukan oleh rekanan lokal. Anggota calon pelanggan listrik PLN mendapatkan empat titik instalasi yang meliputi satu titik stop kontak dan tiga titik lampu (fitting) tanpa lampu. Dengan skema yang ditawarkan anggota masih harus menyediakan lampu sendiri.

Evaluasi dilakukan setelah uji coba dilaksanakan. Masukan, kritik dan saran dari berbagai pihak mematangkan produk Pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik. Produk ini dikemas dengan tidak mengabaikan prinsip kehati-hatian dengan tetap memperhatikan kelayakan usaha dan peraturan yang berlaku di CU Pancur Kasih.

Anggota penerima manfaat produk Pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik selanjutnya adalah warga Desa Ampadi, Desa Meranti, Kecamatan Meranti. Tiga dusun yaitu Ampadi, Nabo dan Aja adalah dusun-dusun yang akan segera menikmati aliran listrik.

Pengenalan produk pinjaman diawali dengan pertemuan antara Manajer CU Pancur Kasih TP Meranti dan Kepala Desa Ampadi, Amsyah. Dalam pertemuan yang dilaksanakan pada awal Agustus 2021 disepakati untuk mengadakan sosialisasi produk Pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik di tiga dusun tersebut di atas. Maka selanjutnya diadakanlah sosialisasi pertama, di awal September 2021, di Dusun Nabo yang dihadiri oleh puluhan orang peserta, baik sudah tercatat sebagai anggota Credit Union maupun yang belum. Peserta sosialisasi di Nabo dihadiri oleh warga Dusun Nabo dan Aja. Berikutnya sosialisasi diadakan di Dusun Ampadi pada awal Oktober 2021, dan dihadiri oleh 30-an orang. Selain melakukan pengenalan produk dengan sosialisasi, tim CU Pancur Kasih TP Meranti juga melakukan pengenalan dari pintu ke pintu dan orang per orang yang dilakukan baik oleh anggota Kelompok Inti ( Pokti ) maupun oleh Takon. Tak ketinggalan pula Staf di kantor juga ikut mengkampanyekan produk ini kepada anggota yang datang ke Tempat Pelayanan.

Anggota yang berminat memanfaatkan produk tersebut mulai dilayani sejak pertengahan September 2021. Pada akhir bulan September 2021 pemasangan instalasi mulai dilakukan di Dusun Nabo dan Aja.

Pengadaan material dan jasa pemasangan instalasi tidak dilakukan oleh CU Pancur Kasih, namun diserahkan kepada pihak lain. Fungsi utama CU Pancur Kasih adalah fasilitasi pembiayaan dengan produk pinjaman, sesuai dengan konsep Credit Union ( Koperasi Simpan Pinjam )
Maka dijalinlah kerjasama dengan pihak ketiga yaitu PT. Haris yang berbasis di Pontianak, sebagai penyedia barang dan jasa. Dalam pengadaan barang (material) PT Haris bertanggungjawab menyediakan KWH meter, sementara pengadaan kabel, stop kontak, fitting dan lampu dengan kualitas SNI (Standar Nasional Indonesia) diserahkan kepada rekanan lokal, yang juga anggota CU yaitu Bapak Erik. Pemasangan instalasi dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman di bawah pengawasan seorang supervisor. Anggota dijamin mendapatkan material dan jasa dengan kualitas baik, sehingga mereka dapat menikmati aliran listrik dengan nyaman dan aman.

Di sisi lain PT Haris mengemban misi sosial dengan melatih beberapa orang untuk menjadi teknisi instalasi yang handal.
Kepala Desa Ampadi yang ditemui saat menyaksikan pemasangan instalasi di salah satu rumah warga menyatakan: “ Fasilitas Pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik yang disediakan oleh CU Pancur Kasih dirasakan sangat menolong masyarakat kami yang kesulitan mendapatkan dana dengan cepat “.

Sementara itu, Tees, salah seorang anggota CU yang memanfaatkan produk Pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik berujar “ Pinjaman ini sangat membantu keluarga saya untuk segera memasang instalasi listrik di rumah kami. Tentu kami akan berusaha keras untuk mengembalikan pinjaman tepat waktu .” Saat ditanya apa yang akan dilakukan jika listrik sudah mengalir ke rumahnya, dia menjawab: “ Rumah kami lebih terang, bisa nonton TV, bisa melakukan apapun di waktu malam dan anak-anak dapat belajar dengan tenang “.

Dari upaya yang dilakukan bersama di Desa Ampadi terjaring sebanyak 46 anggota CU yang memanfaatkan Pinjaman Pemasangan Instalasi Listrik yang tersebar di Dusun Nabo 40 orang, Dusun Ampadi dua orang dan Dusun Aja empat orang. Jumlah pinjaman yang dicairkan total sebesar Rp. 142.600.000,-

Penulis : Donatus, S.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.