RAT CU Pancur Kasih Tahun Buku 2021 di Buka Secara Resmi Oleh Gubernur Kalbar

KSP CU Pancur Kasih secara resmi menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 pada tanggal 24 s/d 25 Februari 2022 yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. Pelaksanakan RAT dipusatkan di Aula Sejati Kantor Pusat, Jalan 28 Oktober, Pontianak dan diikuti secara daring oleh peserta di 16 Titik Kumpul di wilayah pelayanan CU Pancur Kasih.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji turut hadir sekaligus membuka Acara RAT CU Pancur Kasih TB 2021. Dalam sambutannya ia menyampaikan, bahwa CU Pancur Kasih, memiliki potensi besar untuk menunjang pertumbuhan perekonomian di Kalbar.

“Memiliki potensial yang sangat besar, artinya sudah memberikan kontribusi yang positif, untuk kemajuan perekononian di Kalimantan Barat. Khsusunya untuk mereka yang berusaha di ekonomi menengah kebawah,”jelasnya, Kamis, 24 Februari 2022.

Gubernur Kalbar menambahkan, bahwa kontribusi CU di Provinsi Kalbar sudah sesuai dengan prinsip pertumbuhan ekonomi.

“Prinsip dari pertumbuhan itu, adalah uang yang beredar itu harus sebanyak-banyaknya beredar di masyarakat, dan kontribusi CU ini sudah 3 T. Ini merupakan aset yang bagus ya, untuk perkembangan perekonomian kecil di Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sutarmidji menjelaskan, semakin CU berkembang, berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Kalimantan Barat.

“Itu yang saya harapkan, sehingga semakin CU berkembang, semakin baik bagi Kalbar, termasuk saya minta banyak lagi unit usaha yang perlu di biayai, di kaji oleh CU, nah nanti modelnya akan seperti itu,”

“Misalnya, pengembangan satu unit usaha di satu daerah, setelah di kaji usaha dia ini bagus. Kalau di tingkatkan, nilai tambahnya begini, kelemahannya dari sisi modal, nah itu bisa sambil membina,”

Sutarmidji menuturkan, bahwa CU merupakan aset berharga bagi Kalbar, yang mampu menunjang pertumbuhan ekonomi.

“Jadi bagi Pemerintahan bagus, nah aset bagus seperti ini tinggal bagaimana kita pembinaan, memang ada aturan-aturan yang harus di penuhi. Unit-unit usaha, untuk menunjang  pertumbuhan ekonomi itu di jaga,“ pungkasnya.

Dalam sambutannya, Ketua KSP CU Pancur Kasih, Gabriel Marto, menyampaikan agenda yang di bahas dalam Rapat Anggota Tahunan, CU Pancur Kasih.

“Sebenarnya agendanya biasa saja, pada setiap kali RAT itu agenda utamanya laporan pertanggung jawaban pengurus. Kemudian tahun ini, ada agenda penting lainnya, yaitu pemilihan pengurus dan pengawas. Karena periode kami sudah berakhir,” jelasnya, Kamis, 24 Februari 2022.

Lebih lanjut, Gabriel marto merasa besyukur, bahwa CU Pancur Kasih, memiliki anggota yang potensial.

“Kita sebenarnya bersyukur, walaupun masih terbatas, kita memiliki anggota yang potensial, untuk proses yang berkesinambungan. Jadi CU ini kalau di urus dengan orang-orang yang punya komitmen sangat baik, untuk melaksanakan tugas pemberdayaan,” katanya.

Ia juga sependapat dengan statemen dari Gubernur Kalbar, Sutarmidji, saat menyampaikan kata sambutan. Bahwa sebuah organisasi memang perlu, untuk melakukan kerja sama dengan berbagai elemen.

“Seperti yang sudah di sampaikan oleh bapak Gubernur. Memang kita tidak bisa bekerja sendiri, kita harus besinergi dengan Pemerintah juga,” ujarnya.

Garbiel Marto juga mengutarakan cita cita dari CU Pancur Kasih, yang memiliki tujuan mulia untuk bisa memaksimalkan potensi yang ada di kalangan Masyarakat, demi kemajuan bersama.

“Makanya saya dari dulu itu bercita-cita, untuk komunikasi dengan berbagai pihak, untuk menjalin kerja sama, bagaimana Masyarakat ini bisa kita berdayakan, secara maksimal. Nah itu sebenarnya yang menjadi tujuan utama kita, dalam setiap kali pelaksanaan RAT ini, saya kira itu poin pentingnya,” pungkasnya.

Agenda Utama RAT KSP CU Pancur Kasih TB 2021

Agenda utama pada pelaksanaan RAT KSP CU Pancur Kasih tahun buku 2021 adalah penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Laporan Hasil Pengawasan oleh Pengawas.

Dalam laporannya, pengurus menyampaikan perkembangan KSP CU Pancur Kasih TB 2021 sebagai berikut, Anggota berjumlah 182.478 atau mengalami pertumbuhan sebesar 5,67% dari tahun buku 2020, Aset sebesar 2.919.565.557.027 atau mengalami pertumbuahan sebesar 11,35% dari tahun 2020, Pinjaman Beredar sebesar 1.826.017.294.121 atau mengalami pertumbuhan sebesar 3,09% dari tahun 2020.

Pengurus juga menetapkan pembagian deviden dengan porsi 60,31% dari total SHU. Deviden berupa Balas Jasa Anggota (BJA) diberikan kepada anggota dengan indeks sebesar Rp4,90 per saham bagi anggota aktif dan Rp0,10 bagi anggota yang tidak aktif.

Pengurus juga telah menetapkan Program Kerja Keuangan untuk Tahun Buku 2022, yang akan menjadi acuan bagi Manajemen dalam melaksanakan operasional sebagai berikut, program Anggota 195.365 orang, Aset 3.244.001.909.534 dan Pinjaman Beredar 2.085.205.861.125.

Laporan pertanggungjawaban Pengurus TB 2021 telah dilakukan proses Audit oleh Auditor Ekternal dari Kantor Akuntan Publik Drs. Thomas, Blasiun, Widartoyo & Rekan yang berkantor di Surabaya, dengan Opini Laporan keuangan terlampir menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan KSP CU Pancur Kasih Pontianak, tanggal 31 Desember 2021, serta kinerja keuangan sebelum pajak dan arus kasnya untuk tahun yang berakhir pata tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik.

Pengawas dalam laporan pengawasan menyampaikan beberapa rekomendasi terkait aspek usaha diantaranya:

  1. Melakukan inovasi pemasaran produk dan pelayanan untuk meningkatkan penjualan.
  2. Konsisten menerapakan prinsip kehati-hatian dalam memberikan pinjaman.
  3. Memaksimalkan pendampingan usaha produktif anggota dengan melibatkan tenaga yang kompeten dan profesional.
  4. Perlu peningkatan kapasitas staf bagian kredit.
  5. Konsisten menerapakan peraturan kredit, memperjelas target serta melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin terhadap kinerja.
  6. Mewajibkan pengurus, pengawas dan manajemen untuk memanfaatkan aplikasi CUPK Mobile dan Fasilitas ATM dalam bertransaksi.

Anggota yang hadir dalam RAT CU Pancur Kasih TB 2021 telah mengikuti registrasi secara langsung di Tempat Pelayanan masing-masing dengan melampirkan foto copy identitas/KTP. Sebelum pelaksanaan RAT berlangsung seluruh Tempat Pelayanan telah melakukan Pra RAT di tempat pelayanan masing-masing pada tanggal 17 Februari – 19 Februari 2022.

Peserta RAT yang hadir menerima laporan pertanggung jawaban pengurus dan laporan pengawas dengan catatan.

Pemilihan Pengurus dan Pengawas KSP CU Pancur Kasih

Agenda kedua yang juga menjadi momen istimewa bagi KSP CU Pancur Kasih adalah pemilihan Pengurus dan Pengawas periode TB 2022 – 2026. Dimana pengurus yang akan dipilih berjumlah 7 orang dan pengawas berjumlah 5 orang.

Sebelum pemilihan dilaksanakan, adapun calon pengurus dan pengawas yang berasal dari anggota aktif telah dilakukan penjaringan awal berupa seleksi administrasi, psikotes dan presentasi. Bakal calon yang lolos seleksi ditetapkan sebagai calon Pengurus dan Pengawas akan dipilih langsung oleh peserta RAT CU Pancur Kasih  TB 2021.

Pemilihan Pengurus dan Pengawas menggunakan sistem E-Voting, dimana aplikasi tersebut telah dilakukan Audit oleh Auditor Aplikasi yang berasal dari Puskopdit Bumi Borneo. Berikut adalah informasi tentang susunan Pengurus dan Pengawas terpilih periode 2022 – 2026:

Susunan Pengurus KSP CU Pancur Kasih terpilih:
  1. Martono, SE. MM (Ketua)
  2. Yohanes Budiman, S. IP, M. Si (Wakil Ketua I)
  3. Yustinus Mulyadi, S. Pd (Wakil Ketua II)
  4. Rosli, S. Pd (Sekretaris)
  5. Anselmus, S. Sos (Bendahara)
  6. Dasol, S. Th, M. Th (Anggota)
  7. Deli Handoko, S. Pd (Anggota)
Susunan Pengawas KSP CU Pancur Kasih terpilih:
  1. Hamdani Daris, S. Pd (Ketua)
  2. Theopilus, SE (Sekretaris)
  3. Fransiskus Andi Aziz, SH (Anggota)
  4. Nazarius (Anggota)
  5. Fransiskus Kamis, SH (Anggota)

Dengan terpilihnya Pengurus dan Pengawas maka secara resmi KSP CU Pancur Kasih memiliki Nahkoda Baru untuk masa bakti Tahun 2022 sampai 2026. (*Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.