Produk Ekonomi Kreatif KSP CU Pancur Kasih

ekonomi kreatif

Ekonomi kreatif (Ekraf) adalah konsep ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide kreatif serta keterampilan sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

Bidang Ekonomi Kreatif meliputi: Periklanan, Arsitektur, Seni Rupa, Kerajinan (Kriya), Desain, Mode/Fashion, Animasi (Film dan Video), Apps dan Game, Musik, Seni Pertunjukan, Penerbitan & Percetakan, Aplikasi, TV/Radio, Riset (Litbang), Kuliner, Fotografi.

Melihat bidang Ekraf sangat dibutuhkan masyarakat maka Koperasi Simpan Pinjam CU Pancur Kasih menerbitkan produk pinjaman ekonomi kreatif sebagai bagian pelayanan kepada anggota.

Pinjaman Ekraf adalah pinjaman untuk membantu pendanaan usaha anggota dalam kategori ekonomi kreatif. Menurut Departemen Perdagangan RI Ekraf merupakan industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Syarat khusus dalam pengajuan pinjaman Ekraf adalah mengikuti pendidikan anggota, usaha bergerak di sektor Ekraf dan berjalan minimal enam bulan serta anggota aktif di CUPK lebih dari enam bulan plafon pinjaman yang diberikan Rp. 50.000.000. Anggota baru tiga bulan sampai enam bulan atau usaha yang baru berjalan kurang dari tiga bulan sampai enam bulan atau memiliki usaha berskala mikro, plafon pinjaman Rp. 20.000.000.

Anggota wajib memenuhi syarat berikut : mengikuti program pendampingan (Polteq, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekraf) atau tergabung dalam satu kelompok usaha berbasis komunitas (angota kelompok minimal lima orang) atau salah satu anggota keluarga (orang tua atau saudara kandung) telah memiliki usaha (usaha keluarga/bersama).

Khusus anggota baru dengan usia keanggotaan kurang dari tiga bulan atau anggota yang berusia antara 18 sampai 21 tahun dan belum menikah, plafon pinjaman Rp7.500.000. Bagi anggota yang simpanan pokok belum lunas, wajib dilunasi pada saat pencairan pinjaman, tenor 36 (tiga puluh enam) bulan.

Untuk syarat administrasi : mengacu pada ketentuan umum pinjaman pada Persus No 001 tentang keanggotaan, produk, bantuan, solidaritas dan perlindungan, melampirkan fotocopy NPWP (jika belum punya dapat dibantu pengurusan), melampirkan rekening koran bank atau rekening CU, melampirkan surat keterangan usaha dari kelurahan/desa atau PIRT dan atau surat izin usaha yang masih berlaku, melampirkan laporan keuangan usaha bagi anggota yang usahanya sudah berjalan, mengisi format proposal usaha baik yang akan dijalankan atau sudah berjalan, membuat surat pernyataan (anggota/peminjam yang berusia dibawah 21 tahun atau diluar perlindungan Pewarta).

Nilai tambah pinjaman Ekraf : perizinan bagi anggota yang belum memiliki Ijin atau PIRT akan di bantu pengurusan di Dinas terkait, pendampingan dan konsultasi usaha bagi anggota yang ingin mengembangkan usaha, bimbingan teknis dan pelatihan digitalisasi usaha, jejaring Pemasaran Produk (etalase produk di semua kantor CUPK).

Penulis: Yohanes Bernado

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *