Pinjaman Pertanian CU Pancur Kasih Bantu Berdayakan Petani Jagung Hibrida Poktan Masa Selangai

Panen perdana jagung hibrida dilaksanakan pada Rabu 30 Maret 2022. Turut hadir dalam acara tersebut, Dominikus, S.I.P. selaku Sekretaris Camat, Kecamatan Sekayam yang mewakili camat Sekayam. Yustinus Mulyadi, S.Pd. mewakili Ketua CU Pancur Kasih, Ngateman Koordinator Balai Panyuluhan Pertanian Kecamatan Sekayam, Agus Gunarso mewakili PT.Dharma Guna Wibawa, Aksius Rumbun Kepala Dusun Masa Selangai mewakili Kepala Desa Masa Selangai, Rian Ardian Ketua Kelompok Tani Masa Selangai dan 25 anggota kelompok tani.

Sebelum acara panen jagung, dilakukan upacara adat penyambutan tamu dan adat panen perdana. Acara adat dilakukan agar tamu yang datang sehat dan selamat, proses panen jagung berjalan lancar dan tidak diganggu oleh binatang serta jenis pengganggu tanaman lainnya.

“Terima kasih atas dukungan dan pembinaan dari CU Pancur kasih sehingga panen perdana jagung kali ini dapat terlaksana pada usia tanam 113 hari, lebih cepat dari jadual panen 120 hari ”, dan kelompok tani (poktan) Masa Selangai ini awalnya hanya 9 org sekarang sudah menjadi 10 orang dan akan terus bertambah menjadi 25 orang agar dapat didaftarkan ke Simultan di Dinas Pertanian Kabupaten Sanggau”, demikian laporan Rian Ardian selaku Ketua Panitia Panen Perdana sekaligus sebagai Ketua Poktan Masa Selangai.

Koordinator Badan Penyuluh Pertanian kecamatan Sekayam Ngateman, dalam sambutannya mengapresiasi CU Pancur Kasih atas pembinaan kepada kelompok tani di Desa Masa Selangai ini. Pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dalam hal ini Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sekayam juga sedang menggalakan kebun jagung kepada para petani. Harapan kami agar para kelompok tani bisa mendaftarkan kelompoknya ke Simluhtan di dinas pertanian agar mendapatkan bantuan bibit, pestisida, herbisida serta alat pertanian. Untuk panen jagung hari ini dari pengamatan dan hitungan kami, dari lahan 1 hektar ini diperkirakan menghasilkan 10 ton x 60% hasil kering menjadi 6 ton x Rp6000 = Rp36 juta dikurangi perkiraan biaya penanaman per hektar Rp14.260.000 maka Rp36.000.000 – Rp14.260.000 mendapatkan keuntungan Rp21.740.000,-. Untuk mengantisipasi tingginya harga pupuk kimia, diharapkan poktan mengusahakan pupuk organik, selanjutnya poktan dan CU Pancur Kasih melakukan koordinasi dengan Badan Penyuluh Pertanian agar pembinaan dan pendampingan poktan lebih intensif, demikian lebih lanjut kata Ngateman.

Kepala Dusun Masa Selangai  Aksius Rumbun mewakili Kepala Desa Raut Muara, mengapresiasi pembinaan dan pendampingan yang dilakukan oleh CU Pancur Kasih terhadap poktan Masa Selangai dimana walaupun baru pertama kali ini melakukan penanaman jagung sudah dapat menunjukkan hasil yang besar dan diharapkan dapat meningkatkan pendapatkan petani jagung, selain itu harapan kami CU Pancur Kasih juga mendampingi dan membantu 5 poktan yang anggotanya ada 125 orang, dan harapan kepada pemerintah daerah melalui pak camat yang hari ini diwakili oleh Sekretaris Camat bapak Dominikus, mohon perhatian agar dapat memfasilitasi masuknya jaringan listrik PLN dan pengaspalan jalan desa sepanjang 10 km apalagi kondisi medan banyak naik turun bukit.

Agus Gunarso dalam sambutnya mewakili PT. Dharma Guna Wibawa mengatakan bahwa proses pengembangan pertanian dimulai dari pengolahan lahan, pemilihan benih yang baik dan bermutu, pemupukan secara teratur serta berimbang, pembasmian gulma dan hama menggunakan pestisida dan insektisida yang tepat.

“Kelompok tani harus terus tekun berusaha untuk bertani yang baik agar dapat meningkatkan jumlah tonase jagung yang diperlukan oleh agen atau pihak pasar. Apalagi, harga komoditas pertanian khususnya jagung, dijamin baik oleh pihak pemerintah daerah dan pasar. Pihak pemerintah daerah agar memperhatikan permintaan masyarakat dan para petani dalam hal penerangan listrik PLN dan betonisasi jalan desa. Terakhir para petani harus selalu meningkatkan pengetahuan, jika ada kendala dalam pertanian silakan bertanya kepada pihak pendamping poktan dari CU Pancur Kasih dan berkoordinasi dengan badan penyuluhan pertanian dan PPL Kecamatan Sekayam”, demikian kata Yustinus Mulyadi, S.Pd. dalam sambutan mewakili ketua CU Pancur Kasih.

Kata Sambutan Camat Sekayam yang diwakili oleh Sekretaris Camat Dominikus, mengatakan bahwa pemerintah daerah mengapresiasi dan mendukung atas pembinaan kelompok tani yang dilakukan oleh pihak CU Pancur Kasih dan berharap terus menerus melakukan kerjasama dan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka membina dan mendamping para petani di daerah ini. Selain komoditi jagung, harapan juga jenis komoditi lain seperti padi, terong dan lainnya. Menanggapi permohonan masyarakat dan para petani dalam penerangan listrik dan jalan desa, Domikus menjelaskan bahwa usulan Listrik PLN dan betonisasi jalan desa sudah masuk usulan hasil musyawarah rencana dan pembangunan pada awal tahun 2022 yang lalu.

Komitmen CU Pancur Kasih pada Pelayanan Pemberdayaan Anggota dituangkan lebih terperinci pada program kerja Tahun Buku 2022. Hal ini dikedepankan sebagai upaya CU Pancur Kasih untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup anggota melalui Program Usaha Produktif. Harapannya semakin banyak Anggota yang menggunakan Produk Pinjaman Pertanian dan menjadi dampingan CU Pancur Kasih. Dalam proses pendampingan, diantaranya anggota mendapatkan bimbingan teknis pengelolaan usaha dan budidaya pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.