Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki untuk kedua kalinya berkunjung ke CU Pancur Kasih Pontianak.

 

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki untuk kedua kalinya berkunjung ke CU Pancur Kasih Pontianak.

Kedatangannya yang pertama pada bulan Maret 2021. Kedatangan yang kedua pada tanggal 29 Mei 2021. Kali ini untuk meresmikan Kantor Pusat Koperasi Simpan Pinjam CU Pancur Kasih yang terletak di Jalan 28 Oktober No. 87, Pontianak Kalimantan Barat. Momen tersebut juga sekaligus merayakan HUT CU Pancur Kasih ke-34 tahun.

Kegiatan peresmian dihadiri dari berbagai kalangan. Mulai dari Pengurus dan Pengawas purna bhakti, utusan para anggota, kolega dan mitra CU Pancur Kasih, Pusat Koperasi Kredit, serta jajaran Pemerintahan. Dari unsur pemerintahan Kalimantan Barat hadir perwakilan kelurahan, Kota Pontianak hingga Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum.

Rangkaian kegiatan dimulai pukul 11.00 WIB diawali dengan pengalungan syal kepada Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dan Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, H. Sutarmidji,S.H.,M.Hum. Seremoni ini sebagai penghormatan atas kehadiran kedua orang penting tersebut di Area Kantor Pusat KSP CU Pancur Kasih.

Rombongan Pak Menteri dan Pak Gubernur disambut dengan tarian Tidayu. Tarian ini dipersembahkan sebagai gambaran akan keberagaman yang ada di CU Pancur Kasih, baik keberagaman pada karyawannya maupun para anggotanya. Semua ada di CU Pancur Kasih.

Ketua CU Pancur Kasih, Gabriel Marto, S.Pd dalam sambutannya menyatakan kebanggaan dan kebahagiaannya karena ini merupakan momentum bersejarah bagi CU Pancur Kasih. “CU ini kami anggap sebagai sarana rekonsiliasi karena seluruh komponen masyarakat dari berbagai suku dan agama bisa menjadi anggota CU Pancur Kasih,” sambungnya.

Gubernur Kalimantan Barat, Bapak Sutarmidji mengatakan dalam sambutannya, hingga saat ini terdapat 2.987 unit koperasi, dengan 1,2 juta anggota dan total aset Rp5,24 triliun di Kalbar. Gubernur terus mengikuti perkembangan koperasi dan berharap CU Pancur Kasih terus berkembang ke depannya. “Semoga kedepan CU Pancur Kasih semakin besar berkiprah di Kalbar. Intinya Kalbar ini dibangun dengan kebersamaan,” katanya.

Gubernur Sutarmidji juga berterima kasih atas kontribusi CU Pancur Kasih selama ini bagi Kalbar. Sutarmidji yakin di akhir tahun ini, anggota CU Pancur Kasih dapat menyentuh 200 ribu orang. Ia menekankan, pemda mendukung apapun yang dilakukan masyarakat Kalbar demi kemajuan daerah.

Mengawali sambutannya, pak Menteri mengapresiasi upaya dan kinerja CU Pancur Kasih selama ini. Kiprah CU Pancur Kasih tak hanya menjadi terbaik di Kalimantan Barat, tetapi juga dalam peringkat 100 besar nasional. “CU Pancur Kasih juga dianugerahi Penghargaan Kepedulian Sosial Terbaik. CU Pancur Kasih memiliki Grade A, terbaik, dengan digitalisasi pelaksanaan RAT dan pelaporan tepat waktu, ATM, CUPK Mobile. Ini sudah sekelas perbankan,” jelasnya.

“Jika melihat gedung koperasi seperti ini, image koperasi burem seketika menjadi hilang. KSP CU Pancur Kasih sudah memberikan warna bagi gerakan CU di Indonesia. CU hadir memberikan kemudahan usaha mikro masyarakat kecil,” ujar Teten, dalam sambutannya

“Apalagi saat ini kami juga tengah mendorong koperasi simpan pinjam (KSP) juga aktif membiayai sektor produktif, tak hanya perdagangan,” ujar Teten melanjutkan sambutannya.

Rangkaian perayaan hari ulang tahun CU Pancur Kasih ke-34 tahun juga diisi dengan perayaan misa syukur sekaligus pemberkatan dan peresmian gedung kantor baru yang beralamat di Jalan 28 Oktober Nomor 87.

Seluruh rangkaian acara dirancang sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum memasuki lokasi acara, dilakukan pengecekan suhu tubuh para undangan. Seluruh pengisi acara dan panitia telah melakukan swab test antigen dan dinyatakan negatif Covid-19. Pada beberapa titik yang strategis di kantor juga disediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir dan menyediakan hand sanitizer di beberapa tempat.

Rangkaian peringatan HUT CU Pancur Kasih dan Peresmian gedung kantor diawali dengan misa syukur pada 27 Mei 2021. Misa dipimpin oleh Mgr. Agustinus Agus, Uskup Agung Pontianak dengan didampingi oleh Pastor Alexius Alex, Pastor Aloysius Tombokan, Pastor Ambrosius dan Pastor Heliodorus. Dalam misa tersebut, Uskup dan pastor juga memberkati setiap ruangan yang ada di gedung baru CU Pancur Kasih.

Rangkaian acara puncak seremonial peresmian gedung kantor CU Pancur Kasih dilaksanakan Sabtu 29 Mei 2021. Diakhiri dengan ramah tamah dengan makan bersama di gedung serbaguna yang dinamakan Aula Sejati.

Aula Sejati merupakan gedung serbaguna yang nantinya digunakan untuk kegiatan manajemen, pengembangan dan pemberdayaan anggota, serta dapat difungsikan masyarakat sekitar. Aula Sejati normalnya dapat menampung sekitar 800-1.000 orang namun pada masa pandemi ini maksimal hanya diperbolehkan sebanyak 400 hingga 500 orang saja.

Kawasan gedung kantor CU Pancur kasih memiliki beberapa fungsi yaitu, sebagai kantor pusat, kantor Tempat Pelayanan Siantan, gedung serbaguna (Aula Sejati) dan Gedung IT. Dengan dibangunnya kantor baru ini diharapkan pelayanan kepada anggota dan masyarakat sekitar semakin baik dan optimal.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menjadi anggota Credit Union Pancur Kasih.
Pada kesempatan lain, berlangsung di Ruang Kerja Gubernur, Rabu 23 Juni 2021 dilakukan penyerahan buku tabungan dan keanggotaan CU Pancur Kasih kepada Gubernur Sutarmidji. Berkas keanggotaan tersebut diserahkan oleh Ketua Pengurus CU Pancur Kasih, Gabriel Marto didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat, Ansfridus Andjioe.

Dalam kesempatan tersebut, Sutarmidji mengatakan, “Saya melihat CU Pancur Kasih sebagai akses permodalan yang sehat dan siap membiayai kegiatan usaha para anggota”. Hal inilah yang membuatnya ingin bergabung sebagai anggota CU Pancur Kasih, selain dapat memanfaatkan fasilitas simpan dan pinjam tentunya.

Ketua Pengurus CU Pancur Kasih, Gabriel Marto mengucapkan terima kasih dan bersyukur kepada Gubernur Sutarmidji yang bersedia bergabung menjadi anggota CU Pancur Kasih. “Bergabungnya orang nomor satu di Kalbar sebagai anggota menunjukkan perhatiannya yang sangat besar terhadap aktivitas masyarakat Kalbar terutama memperhatikan soal ekonomi masyarakat,” terangnya.

Gabriel Marto juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi, yang memfasilitasi pertemuan dan penyerahan berkas keanggotaan Gubernur Sutarmidji. Selama ini Dinas Koperasi dan UKM Provinsi selalu memberikan dukungan penuh kepada CU Pancur Kasih.

bauma jatiku

Bergabungnya Gubernur Sutarmidji menjadi anggota CU Pancur Kasih bermula dari ajakan Bapak Gabriel Marto saat acara peresmian gedung baru kantor CU Pancur Kasih yang juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dan Menteri Koperasi dan UKM RI Bapak Teten Masduki serta tamu undangan lainnya. Ajakan tersebut disambut baik oleh Gubernur dengan menjadi anggota CU Pancur Kasih.

Mengakhiri pertemuan tersebut, Gubernur Sutarmidji berpesan agar CU Pancur Kasih terus maju.

Penulis: Lusila Arnila & Eko Salvinus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *