Mengenal Lebih Dekat Sosok Ketua Pengurus KSP CU Pancur Kasih

Mengenal Lebih Dekat Sosok Ketua Pengurus KSP CU Pancur Kasih
“Tetap Memancurkan Kasih Sepanjang Segala Masa”

Nama Martono, bagi anggota KSP CU Pancur Kasih sudah tidak asing lagi didengar. Karena sebelum terpilih menjadi Ketua Pengurus KSP CU Pancur Kasih periode 2022 – 2026, sebelumnya  menjabat sebagai Wakil Ketua 1 di bidang Pendidikan. Beliau, terlibat aktif dalam memberikan materi Pendidikan Lanjutan, Sosialisasi dan Motivasi serta Pemberdayaan Anggota. Beliau terpilih menjadi Ketua Pengurus dalam RAT CU Pancur Kasih TB 2021. Praise to the Lord!

Martono, lahir di sebuah desa kecil di kabupaten Bengkayang dari seorang ibu bernama Natalia Une (+) dan ayah Ropinus Rakis, tepatnya yaitu di Dusun Dawar yang berada tepat di bawah kaki Gunung Niut yaitu Desa Pisak Kecamatan Tujuhbelas kabupaten Bengkayang, lahir pada tanggal 4 Mei 1977. Bapak Nando, panggilan akrab sehari-hari beliau, menikahi Sumi Maria dan dikaruniai 3 orang anak yaitu Anthony Fernando Martono, Marcher Aprido Martono dan Patricia Widya Martono. Saat ini, beliau bertempat tinggal di Jalan Sanggau Ledo, Rangkang di kota Bengkayang, beliau menyelesaikan studinya SDN 17 dan SMPN 2 di Sanggau Ledo, SMK Negeri 2 Singkawang, D-III di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Dharma Pontianak, S-1 dan S-2 di Fakultas Ekonomi Untan Pontianak. Beliau Dosen di Akademi Manajemen Bumi Sebalo (AKMEN-BS) Bengkayang sejak tahun 2005 hingga sekarang. Pada Tahun 2009-2013 menjabat sebagai Direktur AKMEN-BS periode Pertama dan terpilih kembali sebagai Direktur AKMEN-BS untuk periode keduanya dari tahun 2013 berakhir sampai tahun 2017, dan sekarang beliau masih sebagai Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI) di AKMEN-BS.

Beliau juga pernah sebagai Konsultan Pemberdayaan di Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonsia tahun 2007-2013 (FK-PMC), di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonsia tahun 2013-2014 (FMS), serta di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia 2016-2020 (TA-PED), serta pernah sebagai Wakil Ketua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kab. Bengkayang periode 2015-2020.

Beberapa pengalaman berorganisasi yang pernah beliau ikuti sebagai Sekretaris Dewan Pastoral Paroki (DPP) St. Pius X Bengkayang, sebagai Sekretaris Umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik Kabupaten Bengkayang, Wakil Ketua Dewan UKM kab. Bengkayang, Wakil Ketua Pemuda Katolik provinsi Kalimantan Barat dan Pembina PMKRI cabang Bengkayang.

Bapak yang memiliki hoby olahraga sepakbola ini, memiliki motto hidup yaitu menjadikan hidup lebih berarti bagi banyak orang. Dengan motto hidupnya itulah beliau mengawali keterlibatannya di KSP CU Pancur Kasih sebagai tenaga relawan (Volunteer) yaitu Kelompok Inti bidang Pendidikan (Fasilitator) di Tempat Pelayanan Bengkayang. Ia menyadari bahwa dengan terlibat di Credit Union, ia dapat menjadikan hidup sesama lebih berarti yaitu dengan pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan anggota terutama dalam pengelolaan keuangan keluarga dengan ber -CU. Suka dan duka terlibat di CU sudah pernah dirasakan. Keluar masuk kampung dalam pendampingan anggota dan mengembangkan CU, terlebih lagi beliau merasa senang dan bahagia ketika mendengar kesaksian anggota yang merasakan manfaat secara nyata menjadi anggota CU Pancur Kasih, baik secara fisik, mental, emosional dan spiritual.

Mengawali perannya sebagai ketua pengurus KSP CU Pancur Kasih, beliau memiliki harapan supaya KSP CU Pancur Kasih semakin terpercaya, tangguh, terdepan dan berkesinambungan. Beliau merupakan orang pertama sebagai Ketua Pengurus yang berasal dari luar kota Pontianak. Hal ini membuktikan bahwa Ketua Pengurus tidak hanya berasal dari Kota Pontianak, tetapi bisa dari seluruh wilayah Tempat Pelayanan KSP CU Pancur Kasih, dengan semangat dan komitmen dalam pelayanan.

Lebih lanjut beliau menyatakan dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi KSP CU Pancur Kasih, terdapat 4 unsur penting yang merupakan Lokomotif Lembaga yang harus menjadi satu kesatuan dalam membentuk sistem yang memiliki peran dan fungsi masing-masing, sehingga jika ada unsur yang mengalami Trouble maka akan berdampak kepada kesehatan lembaga, untuk itu ke-4 unsur tersebut harus saling bersinergi yaitu Pengurus, Pengawas, Manajemen dan Anggota. Kita bersyukur hingga saat ini KSP CU Pancur Kasih tetap eksis dan taat azas sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku sehingga dalam melakukan evaluasi dilakukan secara bersama-sama untuk kebaikan dan penyempurnaan dengan tetap mengutamakan Kasih.

Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada para pendiri, berkat jasa merekalah CU Pancur Kasih ini ada, sehingga memberikan dampak yang luar biasa kepada seluruh anggota. Maka tugas kita sekarang harus memberikan kepastian hukum, agar KSP CU Pancur Kasih betul-betul dipercaya oleh anggota, tangguh tahan terhadap goncangan dan terus berinovasi sehingga selalu menjadi yang terdepan. Pada akhirnya KSP CU Pancur Kasih yang kita cintai ini terus berkesinambungan dan selalu ada dalam hati masyarakat dan tetap memancurkan kasih yang tidak pernah putus sepanjang segala masa.

Kesejahteraan anggota merupakan keberhasilan lembaga, berbicara tentang Credit Union, tidak hanya berfokus pada Simpan dan Pinjam. Namun Credit union harus mampu memberikan perubahan pola pikir (Mindset) terutama dalam manajemen keuangan keluarga melalui pendidikan, pelatihan dan pemberdayaan. Semoga anggota KSP CU Kasih dapat menolong diri sendiri (Self Help), mengelola diri sendiri (Self Governance) dan bertanggung jawab pada diri sendiri juga (Self Responsibility), dengan kekuatan 5 Pilar yang dimiliki yaitu Pendidikan, Swadaya, Solidaritas, Inovasi dan Persatuan. Mari kita bergandeng tangan dan berpegang teguh pada Nilai Inti KSP CU Pancur Kasih, yaitu: Solider – Excellent – Jujur – Akuntabel – Tangguh – Inovatif. (SEJATI)

Bersama wujudkan “Anggota Berdaya, CUPK Jaya”.

BARAGE CU MALANGKAH REPO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.