Gabriel Marto: Anggota CUPK Itu Hebat

gabriel marto

Siapa yang tidak mengenal Gabriel Marto, satu diantara tokoh Credit Union di Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Ketua Pengurus Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Pancur Kasih dan Puskospin Bumi Borneo. Marto, sapaan sehari-harinya lahir di Ketori, Sanggau Kapuas, 53 tahun silam. Ayah dari Maria Gracia A., Theodora Meilinda dan Angelus Juan Fulbert, menikahi Mercia Yud Saptoningsih pada tahun 2002. Sudah tidak perlu diragukan lagi pengalaman beliau di Credit Union. Seminar yang diikuti sudah tak terhitung banyaknya, baik dalam skala Nasional maupun Internasional.

Marto, mulai bergabung dalam jajaran pengurus Koperasi Simpan Pinjam CU Pancur Kasih sejak tahun 2010, sebagai Sekretaris Pengurus: 2 periode (2010-2014 dan 2014-2018) dan sebagai Ketua Pengurus 2018 – 2022. Bersama tim pengurus terpilih melakukan pembenahan, penataan dan perbaikan tata kelola lembaga, baik tata kelola individual, tata kelola internal dan tata kelola eksternal dengan melakukan revisi terhadap kebijakan dan peraturan yang sudah ada sebelumnya dan membuat kebijakan dan peraturan baru sebagai pedoman pengelolaan dan operasional yang transparan dan akuntabel.

Marto juga merasa sangat bangga dengan kesuksesan KSP CU Pancur Kasih saat ini. Berkat kepercayaan, kesetiaan dan loyalitas anggota berikan kepada CU Pancur Kasih, tanggal 29 Mei 2021 bisa meresmikan Gedung Kantor Baru yang beralamat di jalan 28 Oktober nomor 87, Pontianak Utara.

Dalam kepemimpinan beliau menekankan pentingnya membangun kerjasama dan relasi baik dengan semua pihak, termasuk relasi dengan pemerintah baik daerah maupun pusat.

Berkat kepiawaian beliau dalam membangun relasi, maka pada peresmian gedung kantor dihadiri oleh Menteri Koperasi Republik Indonesia, Teten Masduki, beserta Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji. Beliau mengatakan bahwa kehadiran Menteri Koperasi, Gubernur, Pejabat lain dan Uskup berarti terjadi kolaborasi dalam konteks ber-CU, kita juga harus membangun sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan/stakeholder. Disamping itu, sinergitas Credit Union terbangun sehingga CU Pancur Kasih menjadi CU yang semakin berkembang sehingga dikenal luas oleh semua kalangan.

“Saya atas nama Pengurus dan Manajemen mengajak kita bergandengan tangan, baik anggota maupun masyarakat Kalimantan Barat pada umumnya agar melalui sarana CU Pancur Kasih kita dapat saling menolong,” ucap Marto.

Marto berpesan agar disiplin menjadi anggota CU, tidak hanya sekedar menjadi anggota tetapi bisa mengatur keuangan kita, mempersiapkan masa depan kita dengan baik sehingga nanti ketika kita sudah tidak mampu untuk bekerja ada tabungan di CU yang masih kita andalkan. “Jangan ragu-ragu lagi untuk bergabung dengan CU Pancur Kasih,” pesannya kepada semua anggota.

Marto menyampaikan ada satu kata yang tepat untuk KSP CU Pancur Kasih yaitu kata “HEBAT”. “Anggota yang masuk di CU Pancur Kasih itu semuanya hebat. Kita menjadi hebat menjadi kuat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi bersama dengan banyak orang, sehingga lebih termotivasi,” tambahnya dengan penuh semangat.

Penulis: Natalia Demtha Mulisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *