CUPK Menerima Dua Penghargaan

penghargaan cupk

Majalah Peluang kembali memberikan apresiasi kepada sejumlah koperasi besar di tanah air yang membukukan aset dan volume usaha lebih dari Rp100 miliar hingga mencapai Rp10 triliun. Apresiasi tersebut dibarengi dengan peluncuran buku 100 Koperasi Besar Indonesia (KBI) oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, di Gedung Smesco Jakarta, Selasa (23/2).

“Buku ini bukan hanya sebagai referensi atas hasil Rating Koperasi Indonesia berdasarkan parameter yang telah ditetapkan, khususnya omset, aset dan jumlah anggota. Namun juga menjadi pembelajaran bagi koperasi lainnya dan masyarakat bahwa koperasi Indonesia layak untuk diperhitungkan keberadaannya,” kata Menkop UKM, dalam sambutannya. “Bukan hanya besar dari sisi perolehan omzet, namun juga mengakar pada kekuatan anggotanya yang menjadi ciri khas koperasi,” tandas Teten.

Penulis buku 100 KBI Irsyad Muchtar mengatakan, kriteria penilaian 100 koperasi besar mengacu pada laporan tahun 2019 silam. Selain itu, dirinya menyebut aspek manajemen, penguasaan teknologi informasi terkini, serta aspek peduli lingkungan menjadi nilai tambah tersendiri. Guna memacu pertumbuhan koperasi secara dinamis, maka penghargaan dipilah menjadi tiga kategori. Tujuannya agar koperasi dengan aset ratusan miliar rupiah tidak harus berhadapan dengan koperasi yang sudah mencetak aset triliunan rupiah.

Adapun kategori pertama adalah apresiasi untuk koperasi dengan aset di atas Rp 1 triliun; kategori kedua adalah koperasi dengan aset Rp 500 miliar sampai dengan di bawah Rp 1 triliun; sedangkan kategori ketiga koperasi dengan aset Rp 100 miliar sampai dengan di bawah Rp 500 miliar.

Dalam ajang penilaian 100 Koperasi Besar Indonesia, CUPK meraih dua penghargaan sekaligus. Penghargaan untuk kategori koperasi dengan aset di atas Rp 1 triliun dan kategori koperasi dengan Kepedulian Sosial terbaik. Penghargaan tersebut diterima oleh Domitius,S.H., M.H. selaku General Manager KSP CU Pancur Kasih, yang diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki.

Memaknai penghargaan tersebut, General Manager KSP CU Pancur Kasih berharap, “Semoga penghargaan ini semakin memacu semua pengelola dan anggota yang ada di KSP CU Pancur Kasih untuk semakin bersatu, termotivasi untuk terus menerus berkarya dan memposisikan diri secara benar dan bertanggung jawab, agar CUPK terus berkembang, maju, dan besar, sehingga CU Pancur Kasih bisa menjadi harapan semua masyarakat Kalimantan Barat”.

Meskipun saat ini dilanda Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan semua sektor ekonomi terdampak, CU Pancur Kasih tetap berkomitmen mempertahankan kinerjanya dalam mengembangkan lembaga dan memberikan pelayanan terbaiknya kepada anggota.

Penulis: Natalia Demtha Mulisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *