CUPK dan Pemerintah Berkolaborasi Perhatikan Petani

Jagung meranti

Credit Union Pancur Kasih mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan masyarakat. Kerjasama kolaborasi dengan pemerintah digagas sejak Mei 2020 bertepatan dengan HUT CUPK ke-33 tahun. Berawal dari memberikan bantuan bibit jagung kepada anggota membuat kegiatan pendampingan di TP Meranti semakin berkembang.

Dimulai dengan penanaman jagung secara simbolis yang dilakukan oleh Sabirin, ST.MT, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Landak. Hingga kini, sebanyak 650 anggota, sudah terhimpun menjadi anggota binaan CUPK TP Meranti berkolaborasi dengan pemerintahan Desa dan Kecamatan Meranti. Ada 84 dari anggota binaan tersebut sudah mengakses pinjaman pertanian, produk CUPK.

Selang beberapa bulan dari waktu penanaman, tepatnya 05 Oktober 2020, tiba saatnya panen perdana. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat, Kades, Polsek, BP2K, Ibu-ibu PKK Kec. Meranti serta perwakilan CUPK TP Meranti. Panen secara simbolis oleh Camat Meranti, Merant Ericanes Panjuga, SH. Camat berpesan,”Hasilnya luar biasa, kami harapkan kerjasama ini terus berlanjut, lahan jangan dibiarkan kosong tetapi digunakan secara produktif.” Hal senada disampaikan oleh Ketua BP2K, Alek, S.P. “Harapan kita lembaga CU selalu mendampingi petani dalam hal permodalan, karena sekarang rata-rata petani sudah terbantu walaupun masih tahap awal. Kedepannya kami harapkan lebih inten lagi,” ujarnya.

”Pada kesempatan yang sama, Manajer TP Meranti berharap agar anggota terus semangat dan dapat menggunakan produk pertanian yang disediakan oleh CUPK. Terima kasih kepada Camat, Kades, Polsek, BP2K, Ibu-ibu PKK Kec. Meranti yang sudah bersedia berkolaborasi dengan CUPK untuk mendukung pertanian masyarakat atau anggota di sini,” tutur Donatus.

Penulis: Lusila Arnila
Foto: Dok. TP. Meranti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *