CU Pancur Kasih Mempelopori Kerjasama dengan Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat

cupk pelopor

Kerjasama Akses NIK KTP Elektronik antara KSP CU Pancur Kasih (CUPK) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat telah resmi diluncurkan pada tanggal 20 Januari 2021, walaupun sebelumnya mengalami beberapa kendala karena kondisi pandemi covid-19. Peluncuran kerjasama Akses NIK dilakukan di Kantor Pusat CUPK yang dihadiri 30 orang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat, Pengurus, Pengawas, Manajemen CUPK serta para undangan yang terdiri dari Pusat Koperasi Simpan Pinjam Bumi Borneo, CU Lantang Tipo, CU Keluarga Kudus, CU Bahtera dan CU Semarong.

Kerjasama Akses NIK yang digagas oleh CUPK ini merupakan yang pertama diantara Credit Union lainnya di Kalimantan Barat. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh aktivis CUPK. Menurut Ketua Pengurus dalam sambutannya mengatakan bahwa Maksud dan tujuan dilakukan kerjasama adalah untuk mengefektifkan fungsi dan peran CUPK dan Dinas Dukcapil dalam rangka verifikasi dan validasi data calon anggota dan anggota CUPK melalui pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan data kependudukan dan KTP Elektronik.

Dinas Dukcapil dalam sambutannya yang diwakili oleh Erika, Plh. Kepala Dinas Dukcapil Prov kalbar mengatakan bahwa CUPK adalah Badan Hukum Indonesia di Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang pertama melakukan Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat dan telah mendapat Hak Akses Data Kependudukan dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri serta telah diberikan User ID dan Password Aplikasi Data Warehouse (DWH) terpusat, tentunya hal ini melalui proses yang sangat panjang.

Penulis: Natalia Demtha Mulisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *