CU Pancur Kasih Gelar RAT Secara Virtual

RAT CUPK

Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah bagian dari agenda penting credit union. Melalui RAT, Pengurus mempertanggungjawabkan pertumbuhan dan perkembangan credit union kepada anggota. RAT merupakan bagian dari indikator penting bahwa credit union itu masih eksis dalam tata kelola.

Untuk itulah, meski pandemi melanda namun tidak menyurutkan semangat Penasihat, Pengurus, Pengawas dan Manajemen Credit Union Pancur Kasih (CUPK) untuk menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020. Kondisi pandemi menjadi tantangan untuk menyesuaikan penyelenggaraan RAT dari tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka, kali ini perdana CUPK lakukan RAT secara virtual dan tetap memenuhi esensi dan amanat undang-undang untuk melaksanakan RAT.

Sabtu, 20 Februari 2021 kegiatan RAT serempak dilaksanakan. RAT tetap menghadirkan anggota, namun tempatnya terpisah. RAT disiarkan menggunakan aplikasi Zoom dari tempat pelaksanaan di Function Hall 3 dan 4 Hotel Kapuas Palace Pontianak dan 36 Tempat Pelaksanaan (titik kumpul) di Wilayah Pelayanan KSP CU Pancur Kasih, dihadiri hampir 1.000 anggota yang merupakan perwakilan anggota dari 50 Tempat Pelayanan CUPK.

Meskipun dilaksanakan secara virtual namun tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti menyediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir dan menyediakan pula hand sanitizer. Selain itu tempat duduk pun diatur sedemikian rupa agar jarak tetap terjaga (tidak saling berdekatan).

Tema RAT tahun ini adalah, “Anggota Bersatu Bergerak Bersama Menuju Kesejahteraan”. Hal ini seakan menjadi pengingat bahwa credit union merupakan kumpulan orang atau anggota yang saling menaruh kepercayaan demi mencapai kesejahteraan bersama. Pada RAT TB 2020 ini disampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus, Laporan Pengawas dan Pengesahan Program Kerja untuk Tahun Buku 2021.
Daniel, A.Md. ditugaskan Pengurus untuk menjadi Ketua Panitia RAT TB 2020. Dalam sambutannya disampaikan bahwa persiapan RAT Tahun Buku 2020 ini sudah dimulai sejak September 2020.

Sebelum acara RAT dibuka, Andi Azis mewakili auditor eksternal untuk membacakan hasil Audit Eksternal. Hasil audit yang dilakukan untuk memperoleh keyakinan apakah bebas dari kesalahan-kesalahan penyajian. Kami tidak menemukan kekeliruan, atau rekayasa pada LPJ Pengurus Tahun buku 2020 ini. Hasil opini kami atas laporan KSP CU Pancur Kasih yang berakhir pada 31 Desember 2020 menyajikan secara wajar dalam hal yang material, sesuai dengan Standar Akuntansi keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik.

Penyajian secara wajar mempunyai arti bahwa tidak terdapat salah saji dalam laporan keuangan secara keseluruhan, kedua, telah dilaporkan dengan tepat waktu. Ketiga pengungkapan dianggap cukup. LPJ ini diharapkan digunakan untuk hal-hal yang strategis untuk kemajuan KSP CU Pancur Kasih,” demikian isi laporan Audit Eksternal yang dibacakan oleh Andi Azis.

Acara RAT KSP CU Pancur Kasih Tahun Buku 2020 dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi Kalbar yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Dinas Koperasi Provinsi Kalimantan Barat, Gusti Akhmadiyah, S.H., M.H.
Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa pelaksanaan RAT sebagai bukti bahwa koperasi tetap eksis dan mampu beradaptasi di tengah Pandemi Covid-19 ini.

“Untuk mengangkat ekonomi masyarakat. Saya dengan penuh keyakinan optimis bahwa koperasi masih bisa diharapkan,” ujarnya.
Menurutnya, kondisi ekonomi global sangat terganggu akibat Covid-19. Berdasarkan hasil survei Kementerian UKM Ekonomi memberikan dampak bagi koperasi tiga kelompok koperasi menurun 41 persen, koperasi konsumen 40 persen, Koperasi produsen menurun 10 persen. Permodalan menurun 47 persen, penjualan 35 persen dan produksi terhambat 8 persen.

“Kami mengajak semua komponen koperasi tetap semangat menjalankan koperasi di Indonesia. Program digitalisasi menjadi fokus Pemerintah tanpa menghilangkan nilai koperasi dan harus mencerdaskan anggota dan menumbuhkembangkan koperasi. Karakteristik ini menjadi wadah jiwa kewirausahaan karena bisa memberi peluang dan menemukan jalan terbaik untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Mengawali pembahasan LPJ Pengurus, Gabriel Marto, S.Pd., Ketua Pengurus menyampaikan pentingnya dilaksanakannya RAT antara lain untuk memberikan saran dan masukan secara bersama-sama guna kemajuan CU Pancur Kasih. Menurutnya begitu penting semangat RAT ini, diharapkan kepada peserta di 36 tempat Pelaksanaan dapat mengikuti dengan serius.

Marto menegaskan bahwa tahun 2020 itu menjadi tahun yang amat sulit, tidak hanya dialami oleh KSP CU Pancur Kasih. Lantaran adanya pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Hampir semua sektor terdampak, yang paling terdampak yaitu ekonomi, terjadi pembatasan aktivitas masyarakat yang berimbas pada perekonomian. Namun puji Tuhan, usaha KSP CU Pancur Kasih masih mampu berjuang seiring pandemi ini,“ pungkasnya.

Beberapa hal yang menjadi esensi LPJ Pengurus, sebagai berikut:
Berdasarkan Program Kerja keanggotaan target 2020 sebanyak 180.799 orang terealisasi 172.682 orang capaiannya 91,9 persen. Sedangkan aset diprogramkan 3,0 Triliun terealisasi 2,6 Triliun tercapai 86 persen. Pinjaman beredar di programkan 2,1 Triliun dan terealisasi 1,7 Triliun tercapai 83,33 persen.

KSP CU Pancur Kasih juga tetap mampu melaksanakan kewajiban perpajakan pada tahun 2020. Hal tersebut, merupakan komitmen KSP CU Pancur Kasih sebagai usaha yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sabinus Nus, S.E., Ketua Pengawas menyampaikan rekomendasi dalam laporannya, diantaranya: mempertahankan dan meningkatkan kualitas komunikasi serta koordinasi yang sudah terjalin baik antara Pengurus, Pengawas, Manajemen maupun dengan anggota; terus mengembangkan kompetensi agar mendukung perkembangan Lembaga; terus melakukan motivasi kepada karyawan agar berkinerja baik; terus melakukan inovasi strategi pemasaran produk dan layanan kepada anggota.

Program Kerja TB 2021 dijabarkan dalam empat perspektif, yaitu anggota, pembelajaran pengalaman dan pengembangan, keuangan, serta proses bisnis internal. Program kerja TB 2021 ini diserahkan oleh Gabriel Marto kepada Domitius selaku GM CUPK.

RAT CUPK
Pelaksanaan RAT CU Pancur Kasih TB 2020

Bagian terakhir dari pelaksanaan RAT, Anggota menyetujui LPJ Pengurus dan Laporan Pengawas TB 2020 serta Program Kerja TB 2021. Persetujuan tersebut berupa penandatanganan berita acara RAT oleh perwakilan anggota dan disahkan oleh Notaris Natalia Barlin Kaprina, S.H.,M.Kn.
Selamat memasuki Tahun Buku 2021, semoga Anggota KSP CU Pancur Kasih tetap kompak dan bersemangat menjadi motor penggerak perekonomian meski pandemi Covid-19 masih melanda dunia.

Penulis: Lusila Arnila & Natalia Demtha Mulisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *