7 Keuntungan Penting Menabung di SiSuka

sisuka

Simpanan Sukarela Berjangka atau SISUKA merupakan produk CUPK yang menawarkan konsep seperti produk tabungan berjangka (DEPOSITO) pada perbankan. Kelebihannya tentu saja dari sisi bunga yang diperoleh lebih tinggi dibanding tabungan biasa.

Selain itu, selama jangka waktu SISUKA, bunga (balas jasa) yang Anda peroleh tetap sesuai kontrak awal. Dengan demikian, meskipun terjadi penurunan suku bunga, Anda masih memperoleh bunga yang sama.

Tetapi tahukah Anda bahwa keuntungan menabung di SISUKA tidak hanya sebatas pada bunga yang diterima penabung yang lebih tinggi dari biasa. Nah, buat Anda yang ingin tahu lebih banyak apa saja keuntungan menabung di Sisuka, berikut ini akan kami sampaikan secara detail.

Namun sebelumnya, silahkan Anda jawab pertanyaan berikut:

Apakah Anda seorang pemula yang ingin melakukan investasi jangka pendek hingga 12 bulan?
Apakah Anda memiliki dana terparkir yang bunganya rendah?
Dan Apakah Anda ingin mengembangkan aset sehingga bernilai produktif?

Jika Anda menjawab YES, YES dan YES untuk ketiga pertanyaan di atas, tentu saja Anda sudah datang pada tempat yang tepat. Karena sesaat lagi kami akan menyampaikan 7 keuntungan menabung di SISUKA. Penasaran apa saja yang Anda peroleh, berikut ulasan lengkapnya…

#1 Investasi Aman

Bagi Anda yang pemula dalam hal investasi, tentu tidak ingin ambil resiko yang tinggi dalam hal investasi. Alih-alih mendapatkan bunga (balas jasa) yang rutin setiap bulan, Anda malah kehilangan uang.
Anda tentu tidak ingin bahwa Anda menempatkan dana Anda pada pihak yang tidak terpercaya, apalagi jelas-jelas tidak memiliki bunga yang maksimal. Jangankan bunga, bahkan pokok tabungan saja bisa tak kembali jika Anda keliru dalam menempatkan dana. Sudah berapa banyak orang yang terjebak dalam investasi bodong berkedok koperasi, atau bisnis dengan keuntungan yang sangat menggiurkan. Masihkan Anda percaya pada iming-iming keuntungan yang tinggi tetapi tingkat keamanannya diragukan?
Ketahuilah bahwa di CU Pancur Kasih, produk tabungan SISUKA memiliki tingkat keamanan yang tinggi. CU Pancur Kasih memiliki Surat Izin Simpan Pinjam di semua Tempat Pelayanan. Selain itu, CU Pancur Kasih juga masuk dalam 10 besar koperasi Indonesia versi Majalah Peluang dan sudah melayani anggota sejak tahun 1987.

#2 Suku Bunga Tetap sesuai Kontrak

Selain Aman, tentu saja Anda juga ingin investasi Anda memiliki bunga yang tinggi. Salah satu indikator bunga (balas jasa) yang tinggi adalah di atas tingkat rata-rata inflasi 5 tahun terakhir sekitar 3,4%.
Apa artinya Anda menabung jika bunganya tidak mampu menutupi inflasi, alih-alih berkembang, uang Anda akan tergerus inflasi.
Tabungan Sisuka di CU Pancur Kasih atau Deposito di Perbankan, cocok untuk mengamankan dana tak terduga Anda, ketimbang di simpan di rekening tabungan biasa, yang bunganya sangat kecil atau di bawah inflasi.
Perlu Anda ketahui bahwa salah satu kecerdasan finansial adalah cerdas dalam menempatkan dana yang memiliki bunga (balas jasa) yang tinggi, keamanan terjamin dan mudah untuk dicairkan.
Berikut ini daftar suku bunga Sisuka berdasarkan jangka waktu:
3 Bulan dengan balas jasa 5% p.a
6 Bulan dengan balas jasa 6% pa
12 Bulan dengan balas jasa 7% pa

#3 Kemudahan Berinvestasi

Keuntungan ketiga dari tabungan Sisuka adalah kemudahan dalam berinvestasi. Mungkin saat ini bayangan Anda ketika akan melakukan investasi, prosesnya ribet dan antrenya lama…
Hari gini proses yang ribet dan antrean lama udah gak jaman…
Zaman serba cepat, tentu saja kehilangan waktu sama saja dengan kehilangan produktivitas. Dan kehilangan produktivitas sama saja dengan kehilangan kesempatan, dan jika kesempatan hilang maka Anda akan tertinggal.
Oke, persyaratan menabung di Sisuka sangat mudah, Anggota CU Pancur Kasih, melampirkan KTP, mengisi formulir, menyetorkan sejumlah uang tabungan dan dapat deh sertifikat Sisuka.

#4 Kemudahan untuk Mengakses Bunga

Pembayaran bunga Sisuka dilakukan setiap tanggal jatuh tempo bulanan, tentunya akan dipotong pajak sesuai ketentuan yang berlaku.
Jika Anda menabung di Sisuka, maka bunga yang Anda peroleh akan ditransfer ke rekening yang telah disepakati sebelumnya. Tentu saja Anda bisa menarik bunga tersebut kapanpun Anda mau selama nominalnya mencukupi.
Anda bebas menentukan rekening untuk melakukan transfer bunga sisuka yang Anda peroleh setiap bulan. Bisa melalui rekening Pangari atau Saaleatn.
Tentu inilah yang Anda harapkan, dapat bunga tiap bulan dan bisa Anda tarik serta Anda gunakan untuk keperluan Anda.

#5 Tingkat Risiko Rendah

Saat ini, banyak yang menawarkan investasi dengan bunga tinggi, namun tidak menjelaskan tingkat resiko yang dihadapi investor. Sayangnya selain penawaran bunga yang tinggi, ketidakjelasan nasib investor juga menjadi perhatian.
Jika Anda ingin investasi yang sepenuhnya aman, maka jawabannya adalah Sisuka atau Simpanan Sukarela Berjangka. Di perbankan jenisnya adalah deposito, SISUKA merupakan investasi yang tingkat resikonya terbilang sangat rendah dibanding instrumen investasi lain seperti saham.
Perlu kita sadari bahwa prinsip dari investasi itu high return high risk (pendapatan tinggi resiko juga tinggi), bahkan berujung boncos alias investasi tak kembali karena dibawa kabur oknum.
Nah, dengan menabung di SISUKA, kekhawatiran Anda akan risiko boncos teratasi, bukankah ini yang Anda mau? Jadi tunggu apa lagi?

#6 Jangka waktu fleksibel (3, 6 dan 12 Bulan)

Bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan rutin bulanan tanpa harus repot mengurusi setiap saat usaha Anda, Sisuka merupakan jawaban yang tepat.
Emang sih, bunga (balas jasa) tentu saja lebih rendah dibanding instrumen investasi lain ataupun diputar lewat modal usaha. Tetapi patut Anda sadari bahwa bunga (balas jasa) ini sangat seimbang dengan tingkat resikonya yang super rendah atau bisa dibilang tanpa resiko.
Bahkan, saat tidur pun uang Anda akan menghasilkan lho, gimana gak untung coba…meskipun kecil tetapi bunga (balas jasa) tetap dan pasti secara bulanan layak untuk Anda pertimbangkan.

#7 Administrasi Sangat Mudah

Syarat administrasi yang mudah tentu saja menjadi jawaban bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu luang untuk mengurusi investasi. Nah, di Sisuka syarat Administrasi sangat mudah, cukup melampirkan foto copy KTP dan mengisi formulir saja.
Bahkan ke depan, pembukaan rekening Sisuka dapat dikembangkan secara online seperti produk perbankan umumnya. Jadi Anda tak perlu lagi datang ke kantor untuk membuka rekening SISUKA, cukup di rumah dan menggunakan smartphone.

Pahami SISUKA dan Pilih Jangka Waktu Sesuai Keinginan Anda

Pemilihan SISUKA sangat cocok untuk menempatkan dana Anda yang terparkir alias belum digunakan. Misalnya dana pendidikan anak (yang akan digunakan enam bulan kedepan) atau dana persiapan menikah (yang akan digunakan tiga bulan kedepan). SISUKA sangat tidak cocok untuk menempatkan dana darurat, karena jika Anda menarik tabungan sebelum jatuh tempo akan dikenakan penalti.
Dengan memahami manfaat menabung di SISUKA di atas, maka Anda dapat mempertimbangkan dengan baik pilihan yang tepat dalam menempatkan dana. Jika Anda merasa sudah mantap dengan menempatkan dana di SISUKA, maka tentukan jumlah dana dan jangka waktu yang Anda inginkan.

Penulis: Daniel (Kabag Riset dan Inovasi CU Pancur Kasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *